Jumat, 13 Mei 2016

satuan layanan disekolah



SATUAN LAYANAN DI SEKOLAH














 








OLEH
KELOMPOK I
                                    Nama                          : Novretman Duha
                                                                          Ringan Hati Sarumaha
                                                                          Yulianus Tafonao
                                                                        Yudiati Laia
                                                                           Mesrawati wau
                                    SEM/Kelas                 : IV/2
                                    Prodi                           : Bimbingan Dan Konseling
                                    Matakuliah                : BK Belajar
                                    Dosen Pengampu      : Hiburan Harita, S.Pd
Logo STKIP Nisel WHITEE.jpg





SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) NIAS SELATAN
2016
KATA PENGANTAR

            Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala hikmat yang telah di berikan kepada kita semua sehingga penyusun makalah dengan judul “Satuan Layanan di Sekolah” dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
            Pada penyusunan makalah ini, kami tidak dapat menyelesaikannya tanpa adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis sangat berterimakasih kepada dosen pengampu matakuliah bimbingan dan konseling lintas budaya Bpk, Hiburan Harita, S.Pd dan teman teman yang telah mendukung pembuatan makalah ini.
            Sungguh merupakan suatu kebaggan dari kami apabila makalah ini dapat terpakai sesuai fungsinya, dan pembaca dapat mengerti dengan  jelas apa yang dibahas di dalamnya. Tidak lupa juga penulis meminta kritikan dan saran yang konstruktif demi memperbaiki makalah di kemudian hari.
            Demikian semoga Tuhan memberkati kita semua terima kasih



                                                                                                            Telukdalam   Mei 2016
                                                                                                            Penyusun


                                                                                               












DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR………………………………………………………………………i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………ii
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………………1
            A. Latar belakang……………………………………………………………………...1
            B. Rumusan masalah…………………………………………………………………..1
            C. Tujuan………………………………………………………………………………1
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………………………….2
A.    Pengertian satuan layanan …………………..……………………………….……..2
B.     Prinsip pengembangan satuan layanan ………..…….……...………………….…..2
C.     Tujuan satuan layanan …………………………………………...………………...3
BAB III PENUTUP…………………………………………………………………….……7
A.    Kesimpulan…………………………………………………………………………7
B.     Saran………………………………………………………………………………..7
DAFTAR PUSTAKA















BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
     Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar .Dalam hal ini penyusunan satuan layanan di buat agar mempermudah para guru-guru BK dalam melaksanakan kegiatannya yang sudah tersusun dengan baik serta terencana.
     Kegiatan menyusun satuan layanan merupakan salah satu tugas penting guru dalam memproses pembelajaran siswa. Dalam perspektif kebijakan pendidikan nasional yang dituangkan dalam Permendiknas RI No. 52 Tahun 2008 tentang Standar Proses disebutkan bahwa salah satu komponen dalam penyusunan Satuan Layanan (SATLAN) yaitu adanya tujuan pembelajaran yang di dalamnya menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
     Agar  proses pembelajaran dapat terkonsepsikan dengan baik, maka seorang guru dituntut untuk mampu menyusun dan merumuskan tujuan pembelajaran secara jelas dan tegas. Oleh karena itu, melalui tulisan yang sederhana ini akan dikemukakan secara singkat tentang apa dan bagaimana merumuskan tujuan pembelajaran. Dengan harapan dapat memberikan pemahaman kepada para guru dan calon guru agar dapat merumuskan tujuan pembelajaran secara tegas dan jelas dari mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan satuan layanan?
2.      Apa prinsip pengembangan satuan layanan?
3.      Apa tujuan satuan layanan?

C.    TUJUAN
1.      Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan satuan layanan?
2.      Untuk mengetahui apa prinsip pengembangan satuan layanan?
3.      Untuk mengetahui apa tujuan satuan layanan?



BAB II
PEMBAHASAN
A.    SATUAN LAYANAN
     Satuan Layanan (SATLAN) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus.
     Pengertian Satlan adalah  (1) Perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. (2) Rencana yang mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dlam silabus. (3) Pembelajaran adalah proses yang ditata dan diatur menurut langkah-langkah tertentu agar dalam pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang diharapkan. (4) Satauan Layanan disusun untuk satu Kompetensi Dasar.

B.     PRINSIP PENGEMBANGAN SATUAN LAYANAN
1.      Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP / Satuan Layanan
a.       Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
b.      Mendorong partisipasi aktif peserta didik
c.       Mengembangkan buadaya membaca dan menulis proses pembelajaran
d.      Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
e.       Keterkaitan dan keterpaduan
f.       Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
2.      Tujuan Dan Manfaat.
                        Memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator.
a.       Memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek
b.      Karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa
c.       Karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect




C.    TUJUAN SATUAN LAYANAN
a)      Pengembangan Tujuan Pembelajaran
                        Tujuan pembelajaran adalah kebutuhan siswa, mata ajaran, dan guru itu sendiri. Berdasarkan kebutuhan siswa dapat ditetapkan apa yang hendak dicapai, dan dikembangkan dan diapresiasi. Tujuan ( goals ) adalah rumusan yang luas mengenai hasil-hasil pendidikan yang diinginkan. Tujuan pembelajaran memenuhi kriteria sebagai berikut :
a.       Tujuan itu menyediakan situasi atau kondisi untuk belajar, misalnya : dalam situasi bermain peran.
b.      Tujuan mendefinisikan tingkah laku siswa dalam bentuk dapat diukur dan dapat diamati.
c.       Tujuan menyatakan tingkat minimal perilaku yang dikehendaki, misalnya pada peta pulau jawa, siswa dapat mewarnai dan memberi label pada sekurang-kurangnya tiga gunung utama.
                        Tujuan merupakan dasar untuk mengukur hasi pembelajaran, dan juga menjadi landasan untuk menentukan  isi pelajaran dan metode mengajar. Berdasarkan isi dan metode itu selanjutnya ditentukan kendisi-kondisi kegiatan pembelajaran yang terkait dengan tujuan tingkah laku tersebut, tujuan merupakan tolak ukur terhadap keberhasilan pembelajaran. Karena itu perlu disusun suatu deskripsi tentang cara mengukur tingkah laku.
b)      Pengembangan Materi pembelajaran
a.       Materi pembelajaran (instructional materials) adalah bahan yang diperlukan untuk pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai siswa dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.
b.      Materi Pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran.
c.       Materi yang dipilih untuk kegiatan pembelajaran hendaknya materi yang benar-benar menunjang tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar .
c)      Metode Pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Dialog Interaktif
c.       Tanya Jawab

d)     Media Pembelajaran
a.       Alat/Media           :  Multimedia, papan tulis
b.      Sumber Belajar     - Buku Lks Semester Ganjil
                                 -Buku Referensi yang mendukung
e)      Evaluasi
                        Evaluasi atau penilaian berarti tindakan untuk menentukan nilai sesuatu. Dalam arti luas evaluasi adalah suatu proses dalam merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan.  Untuk lebih memahami apa  yang dimaksud dengan  evaluasi, maka dapat dikatakan bahwa :
a.       Kegiatan evaluasi merupakan proses yang sistematis. Yang dimaksud dengan proses sistematis ialah kegiatan yang terencana dan dilakukan secara berkesinambungan yang dilakukan pada permulaan, selama program berlangsung dan pada akhir program setelah program dianggap selesai.
b.      Di dalam kegiatan evaluasi diperlukan berbagai informasi atau data yang menyangkut objek yang sedang dievaluasi. Dalam  hal ini berkaitan dengan perilaku, penampilan, hasil ulangan atau pekerjaan rumah, nilai semester dan sebagainya.
c.       Dalam setiap kegiatan evaluasi, tidak lepas dari tujuan-tujuan yang hendak dicapai. Hal ini karena setiap kegiatan penilaian memerlukan suatu criteria tertentu sebagai acuan dalam menentukan batas ketercapaian objek yang dinilai.
     Berkaitan dengan bimbingan dan konseling, maka yang dimaksud dengan evaluasi bimbingan  dan konseling adalah  segala upaya, tindakan  atau proses untuk menentukan derajat kualitas  kemajuan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah dengan mengacu pada criteria atau patokan-patokan tertentu sesuai dengan program bimbingan dan konseling (Juntika, 2005: 57).








Contoh Satlan
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING


A.             Topik permasalahan/bahasan               :Penyesuaian diri dengan lingkungan belajar
B.             Bidang Bimbingan                              : Sosial
C.             Jenis layanan                                       : Layanan Informasi
D.             Fungsi Layanan                                   : Pemahaman dan Pencegahan
E.              Sasaran Layanan                                 : Siswa kelas VII
F.              Uraian kegiatan dan materi layanan    :
  1. Berdasarkan penjelasan konselor siswa mengetahui cara menyesuaikan diri  dilingkungan sekolah tentang:
a.       Cara bergaul dengan Guru, teman dan personalia sekolah yang lain
b.      Etika selama perjalanan pulang pergi sekolah
  1. Melaui diskusi siswa mengetahui bahwa upaya-upaya yang dilakukan untuk dapat menjadi remaja yang berakhlaq mulia, berkreasi dan berprestasi
G.    Tujuan Layanan                                    :
          Setelah menyelesaikan kegiatan ini diharapkan siswa mampu:
  1. Bergaul dengan sesama teman, serta dengan seluruh komponen sekolah secara sopan santun dan ramah
2.      Menjaga prilaku yang baik sebagai siswa SMP selama perjalan pulang pergi sekolah
H.     Metode                                                            : Ceramah bervariasi, diskusi dan penugasan
I.      Tempat Penyelenggaraan                                 : Ruang kelas VII
J.    Waktu/Hari/ Tanggal/ Semester                         : 2 Jam...................................
K. Penyelenggara                                                      : Konselor / Guru pembimbing
L.   Pihak yang diikut sertakan                     :
M. Alat dan Perlengkapan yang digunakan             : Laptop, Infokus, Kertas folio untuk tugas                                                                                     siswa
N.    Rencana Penialaian dan tindak lanjut               :
a.       Penilaian Proses    :Pemahaman Siswa terhadap materi yang disampaikan
b.      Penilaian Hasil      :Kesungguhan siswa dalam mengikuti kegiatan yang dijalankan
c.       Tindak Lanjut       :
1.      Bekerja sama dengan seluruh komponen sekolah yang terkait untuk memantau sikap/ prilaku siswa sehari-hari.
2.      Bagi siswa yang belum mampu menyesuaikan diri disekolah dan belum bisa memanfaatkan sarana  prasarana yang ada, akan diberikan layanan yang berfungsi sebagai penyembuhan.
O. Keterkaitan layanan ini dengan layanan pendukung:
1.      Observasi Perkembangan cara bergaul siswa di sekolah.
2.      Sosiometri
3.      Data Prestasi Akademik
                       




















BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
       Dari pokok bahasan yang di atas yang meliputi Pengertian SATLAN, prinsip pengembangan SATLAN dan penyusunan SATLAN maka dapat di simpulkan bahwa setiap mahasiswa atau calon guru dan para nantinya wajib membuat SATLAN khususnya guru Bimbingan dan Konseling sebagai acuan untuk mengajar di kelas.
       Sebenarnya tujuan dari SATLAN ini memberikan kemudahan bagi para guru untuk melakukan pengajaran dan memberikan materi yang sudah tersusun rapi dan sistemamtis dalam SATLAN itulah tujuannya yang sebenarnya.

B. SARAN
       Kami dari kelompok menyarankan agar para calon konselor atau guru BK, jika dalam melaksanakan proses pembelajaran dalam kelas, perlu menyiapkan SATLAN sebagai acuan dalam melakukan proses belajar dalam kelas sehingga dapat berjalan sesuai dengan yang telah di atur dalam satuan layanan dan proses belajarpun dapat berjalan dengan seefektif mungkin.













DAFTAR PUSTAKA

Dra. Yuline, M.Pd, & Dra. Indri Astuti, M.pd. 2008. Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Universitas Tanjung Pura pontianak.
Oktareza, Frans Dwi. 2011. Pengertian Evaluasi BK. Diunduh darihttp://www.pengertiandefinisi.com/2011/12/pengertian-evaluasi.html pada tanggal 9 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar